Jutaan orang tidak menyadari bahwa usahanya di bidang wirausaha, dapat menjadi lebih baik lagi jika mereka paham dengan ilmu 'copywriting.' Sudah mirip belum dengan Budi Setiawan yang sering muncul di awal video YouTube? Tapi ini bener loh. Copywriting dapat membantu meningkatkan penjualan. Karena copywriting dapat mencakup keseluruhan bagian marketing baik dari sisi online maupun offline. Semua elemen marketing pasti membutuhkan 'kata-kata' yang dapat menarik perhatian dan tentunya 'menjual.'
Lalu apa itu copywriting?
Simak ilustrasi berikut ini. Seorang pengemis buta mencoba mengais rejeki dengan sebuah tulisan, "Saya Buta, Kasihani Saya." Dengan tulisan itu dia berharap orang-orang yang lewat mau menyisihkan hartanya dan memberikan dia uang. Tapi yang terjadi adalah, tak ada yang peduli. Hanya ada satu-dua orang yang lewat mau memberinya uang.
Sampai akhirnya ada seorang pekerja kreatif melihat tulisan di atas karton yang dipegang oleh pengemis itu. Diambilnya karton itu, lalu dia menuliskan kalimat baru di belakang karton yang masih kosong itu. Dia menulis, "Hari ini begitu cerah dan indah, namun sayangnya aku tidak bisa melihatnya."
Tak lama sesudahnya, kotak tempat uangnya tak berhenti berbunyi karena suara uang yang dijatuhkan oleh orang-orang yang lewat.
Artinya apa? Tulisan itu telah berhasil menyenggol lebih keras sisi kemanusiaan orang yang membacanya, ketimbang tulisan yang minta dikasihani sebelumnya.
Jadi apa itu copywriting?
Copy: teks yang digunakan dalam penjualan atau pemasaran, biasanya kita temui di landing page, iklan, website, brosur, dan lain-lain. Meskipun dalam perkembangannya, copy bukan lagi hanya teks. Konversi: ketika seseorang yang anda target mengambil tindakan yang anda inginkan. Kalau dalam penjualan, konversi sering disebut closing.
Tapi di sini akan kita gunakan istilah konversi karena copywriting sendiri bukan hanya untuk penjualan. Jadi, teknik copywriting adalah teknik membuat copy yang mampu meningkatkan konversi secara drastis. Copywriter adalah salesman dalam huruf.
Dengan teknik copywriting yang tepat, 2 produk yang sama persis bisa mendapatkan respon yang jauh berbeda oleh orang lain.
Comments
Post a Comment